was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

Jalankan Manajemen Usaha Laundrymu dengan Tips Ini!

By December 17, 2020 No Comments
manajemen usaha laundry

Kemampuan manajemen usaha laundry yang telah dibangun wajib dimiliki oleh setiap owner. Pasalnya, kesuksesan dalam suatu usaha bukan hanya bergantung pada modal yang terus mengalir, namun juga pada kemampuan pengelolaan proses bisnis yang baik.

Hal penting dalam manajemen usaha laundry

Kesuksesan suatu usaha bukan hanya dilihat dari popularitas usaha pada awal pembukaannya, namun diperoleh dari proses bisnis yang sehat dan terkendali.

Demi memberikan umur yang panjang untuk usaha laundry, kamu perlu melakukan manajemen bisnis yang baik pada beberapa hal berikut:

tips manajemen usaha laundry

1. Membuat dan menjalankan SOP

SOP (Standard Operating Procedure) merupakan suatu bahan atau materi yang mengatur berjalannya suatu kegiatan operasional. Keberadaan SOP sangatlah membantu pengusaha dalam menjalankan bisnis mereka.

Usaha laundry pun tidak akan berjalan dengan mulus tanpa adanya SOP yang jelas. Mengingat, usaha laundry sangat erat kaitannya dengan pemberian jasa dan pelayanan. Oleh karena itu, kesalahan sekecil apapun perlu diminimalisir, setidaknya dengan menggunakan SOP yang dimiliki.

Pemilik usaha laundry sebaiknya memiliki beberapa SOP yang mengatur kegiatan operasional secara terpisah. Misalnya, SOP untuk kegiatan proses pencucian. Maka perlu diatur bagaimana prosedur dan tata urutan karyawan dalam mencuci pakaian customer.

SOP yang disusun harus dibuat se-detail dan sejelas-jelasnya agar dapat dipahami dan dijalankan dengan mudah.

Baca Juga: Keuntungan Usaha Laundry, Motivasi untuk Diri

2. Mengembangkan keterampilan karyawan

Usaha laundry tidak bisa lepas dan erat kaitannya dengan keahlian atau keterampilan khusus. Oleh karenanya, seseorang yang dipercaya untuk menjalankan kegiatan usaha ini pun harus mampu untuk terus mempertahankan dan mengembangkan keterampilan yang dipunya.

Dalam menyukseskan usaha laundry, kepercayaan antara pemilik dan karyawan pun menjadi salah satu kuncinya. Namun, kepercayaan saja nyatanya tidak akan cukup untuk dapat mengelola bisnis terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Bantuan dari pemilik kepada karyawan dengan memberikan pelatihan secara rutin demi meningkatkan keterampilannya dapat menjadi pilihan yang bijak.

Dengan begitu, karyawan akan memiliki kepercayaan diri yang lebih baik lagi sehingga mampu membantu pemilik dalam mengelola bisnis laundry bersama.

3. Merawat alat-alat laundry secara teratur

Setelah memiliki SOP dan memberikan pelatihan keterampilan untuk karyawan, kini kamu juga tidak boleh lupa dengan perawatan alat-alat dan mesin yang digunakan untuk proses laundry.

Buatlah jadwal rutin untuk pemeriksaan alat dan mesin laundry secara teratur. Menghindari dan mencegah kerusakan adalah pilihan bijak sebelum kerusakan yang akan sulit diperbaiki benar-benar terjadi.

Baca Juga: Estimasi Modal Usaha Laundry Beserta Tips Lainnya

Ingin mengembangkan usaha laundrymu lebih baik lagi? Yuk gabung jadi mitra D-Laundry di sini!

Agina Naomi

About Agina Naomi

Leave a Reply