was successfully added to your cart.

Cart

D-Laundry

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Cuci

By September 23, 2020 No Comments
tips membeli mesin cuci

Mesin cuci adalah kebutuhan pertama dan utama dalam membuka usaha laundry. Pemilihan mesin cuci untuk kebutuhan usaha dan rumah tangga ternyata berbeda lho. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui bagaimana tips membeli mesin cuci untuk usaha laundry.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Tips membeli mesin cuci

Sebagai syarat pertama dan utama, jangan sampai salah memilih mesin cuci untuk mendukung berjalannya usaha laundrymu. Berikut beberapa tips dalam memilih mesin cuci sebelum memutuskan untuk membelinya:

1. Sesuaikan dengan budget

Membuka usaha pastinya dimulai dengan perhitungan modal yang dimiliki. Mesin cuci pun termasuk ke dalam perhitungan modal yang perlu diperhatikan dengan tepat dan cermat.

Mesin cuci merupakan investasi jangka panjang bagi usaha laundry, sehingga kamu perlu memilih mesin cuci dengan kualitas terbaik, namun tetap sesuai dengan modal yang tersedia.

Jika kamu merupakan pemula dalam usaha laundry, disarankan untuk tidak membeli mesin cuci langsung dalam jumlah banyak. Mulailah dengan jumlah yang sedikit, ketika usaha laundry telah berkembang pesat, barulah kamu bisa menambah jumlah mesin cuci.

2. Sesuaikan dengan daya listrik

Daya listrik yang kamu miliki di rumah juga harus menjadi pertimbangan dalam membeli mesin cuci. Pasalnya, akan menjadi percuma jika kamu sudah membeli mesin cuci berkualitas tinggi namun di tengah pengoperasiannya mengalami gangguan akibat daya listrik yang tidak cukup.

Jika rumah kamu memiliki daya listrik sekitar 1000 watt, disarankan untuk membeli mesin cuci semi-otomatis yang memiliki dua tabung. Jika daya listrik yang kamu miliki lebih besar dan di atas 2000 watt, kamu bisa membeli mesin cuci otomatis satu tabung.

laundry koin dan laundry on-demand

3. Memilih antara otomatis atau semi otomatis

Pemilihan jenis mesin cuci antara otomatis atau semi otomatis sangat dikaitkan dengan daya listrik yang dimiliki di rumah.

Perbedaannya adalah dimana mesin cuci otomatis merupakan jenis mesin pencucian yang sangat sedikit memerlukan campur tangan manusia. Jika kamu memiliki mesin cuci otomatis, kamu hanya tinggal memasukkan baju, memutar air, menekan tombol, dan semua pakaian akan dicuci dengan bantuan mesin.

Mesin cuci semi otomatis sendiri merupakan jenis mesin pencucian yang masih membutuhkan campur tangan manusia. Mulai dari membuang dan mengisi air, memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lain, serta melakukan hal-hal kecil lainnya.

4. Garansi mesin cuci

Sebagai alat yang nantinya akan paling sering digunakan, suatu mesin pastinya tidak bisa terhindar dari segala jenis kerusakan. Termasuk juga mesin cuci.

Pastikan sebelum membeli, mesin cuci yang kamu pilih sudah dilengkapi dengan garansi yang mumpuni. Pasalnya, mesin cuci yang rusak akan sangat sulit untuk diperbaiki sendiri.

5. Tempat mesin cuci

Tips berikut merupakan tips paling dasar dan umum yang seharusnya tidak akan pernah terlewatkan. Pastikan ukuran mesin cuci yang kamu beli sudah sesuai dengan ruang tempat mesin cuci yang kamu pilih dalam menjalankan usaha laundry.

Baca Juga: Mesin Cuci Mana yang Pas Untukmu? Ketahui 2 Jenis Mesin Cuci Ini

Baru buka usaha laundry? Ingin mengembangkan bisnis lebih luas? Yuk gabung jadi mitra D-Laundry di sini.

Agina Naomi

About Agina Naomi